Kelurahan Lapangan Memperhatikan Kualitas Masyarakat Sebagai Show Window Kota Manado

Sekretariat | Jumat, 24 Januari 2020 - 09:53:13 WIB | dibaca: 12 pembaca

Musrenbang kelurahan Lapangan pada Rabu, 22 Januari 2020 memberikan fokus yang berbeda dibandingkan lainnya. Seperti musrenbang di kelurahan sebelumnya, beberapa usulan pembangunan fisik disampaikan untuk kemajuan infrastruktur demi mendukung aktivitas masyarakat sekitar seperti pembuatan jalan setapak, paving jalan, rehab jalan, drainase dan pemasangan titik lampu.

Antusiasme warga juga terlihat ketika mengangkat usulan terkait bidang sosial dan ekonomi di mana kualitas masyarakat sangat penting membangun kedua unsur ini.

Mengingat visi menjadikan Manado Kota Cerdas 2021, maka pembangunan sosial dan ekonomi tidak kalah penting dengan pembangunan infrastruktur yang dilakukan.

Tema kelurahan cerdas yang diangkat adalah Kelurahan Souvenir yang mana produk yang dihasilkan adalah hasil kolaborasi ide-ide kreatif masyarakat, karang taruna, ibu-ibu PKK dan masyarakat yang melakukan kegiatan UMKM. Demi mewujudkan hasil maksimal dari kegiatan ini maka beberapa usulan terkait pelatihan anak muda di bidang teknologi dan bahasa asing menjadi perhatian untuk mencapai masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing.

Masih terkait pengembangan kualitas masyarakat, usulan berikutnya adalah memberikan pelatihan pada anak-anak yang kurang mampu bersekolah agar memiliki skill yang berguna bagi masa depan seklaigus menjaga anak-anak tidak terjerumus ke hal negatif.

Usulan menarik lainnya juga adalah mendukung kegiatan bidang kesenian dan budaya contohnya dalam penyambutan tamu-tamu penting yang akan datang dan pergi dengan menonjolkan seni dan sumberdaya yang ada di Kota Manado, mengingat kelurahan ini dekat dengan Bandara.

Musrenbang ini dihadiri oleh aparat kelurahan, kecamatan, LPM dan perwakilan masyarakat. Lurah Lapangan Ibu Trintje Amik menghimbau para partisipan yang hadir untuk memberikan usulan yang penting dan memiliki dampak untuk kemajuan bersama.

Perwakilan Kecamatan Mapanget Bapak Johny Lontoh, S.AB menegaskan kembali bahwa Kelurahan Lapangan adalah show window yang dipertunjukkan bagi banyak orang yang lalu datang di Kota Manado, sehingga partisipasi masyarakat sangat penting untuk memberikan masukan yang baik bagi pembangunan secara fisik maupun non fisik.