Bapelitbangda Kota Manado Gelar Forum Perangkat Daerah untuk Penyusunan RKPD Tahun 2022

Bidang Ekonomi | Rabu, 17 Maret 2021 - 22:02:22 WIB | dibaca: 30 pembaca

Penandatanganan Berita Acara Forum Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Tahun 2022

Manado – Pada Selasa 16 Maret 2021, Bapelitbangda menggelar Forum Perangkat Daerah untuk Penyusunan RKPD tahun 2022, yang bertempat di Aula Serbaguna Kantor Walikota. Dikarenakan undangan yang terbatas karena protokol Covid-19, maka sebagian undangan juga mengikuti rapat ini melalui Zoom Meeting.

Tujuan dari Forum Perangkat Daerah adalah menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah dengan usulan hasil Musrenbang RKPD di kecamatan, mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan Perangkat Daerah sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah, menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing Perangkat Daerah.

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Walikota Manado, Dr. Ir. Godbless Sofcar Vicky Lumentut, S.H., M.Si., D.E.A dan Sekretaris Daerah Kota Manado, Micler Lakat, SH, MH, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Bapelitbangda Kota Manado, Dr. Ir. Liny Tambajong, M.Si dan tenaga ahli Dr. Loura Pandelaki SE, M.Si, dengan Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Ir. Philips Sondakh sebagai moderator.

Dalam pamaparan materi pertama yang disampaikan oleh tenaga ahli Dr. Loura Pandelaki SE, M.Si, pertumbuhan ekonomi Kota Manado pada tahun 2016 – 2019 terus mengalami penurunan. Banyak sektor yang berkontribusi pada PAD mengalami perlambatan, apalagi ketika pandemi Covid-19 melanda, laju pertumbuhan ekonomi Kota Manado paling rendah di Sulawesi Utara dengan kontraksi sampai dengan -3.13. Hal ini disebabkan ketergantungan Kota Manado dengan sektor usaha tersier yaitu perdagangan dan jasa yang lumpuh karena pandemi. Kemudian di materi kedua yang dibawakan oleh Kepala Bapelitbangda, dari data yang ada sudah 25.217 penduduk kota Manado yang menerima vaksin. Diharapkan setelah program vaksin massal selesai, Kota Manado bisa fokus pada pemulihan ekonomi daerah. Dr. Ir. Liny Tambajong, M.Si juga mengingatkan untuk penanganan banjir diperlukan pengendalian perencanaan dan pemanfaatan ruang. penegakan Perda, normalisasi 5 sungai dan garis sepadan sungai, juga pentingnya RTH dan kolam retensi.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara yang diwakili oleh perwakilan dari Bapelitbangda, Dinas PUPR, Dinas Perkim, dan 2 perwakilan LPM kecamatan. Kemudian diakhiri oleh sesi diskusi desk perangkat daerah yang dibagi dua bagian, untuk bidang infrastruktur dipandu oleh Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (PIPW) dan bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata dan kelautan dipandu oleh Bidang Perencanaan Sosial Budaya dan Bidang Perencanaan Ekonomi. Dari hasil desk tersebut, akan menentukan program kegiatan Perangkat Daerah terkait untuk menindaklanjuti hasil Musrenbang Kecamatan.