Bapelitbangda Kota Manado Fasilitasi Pelaksanaan Konsultasi Publik Tahap – II untuk Pekerjaan Detail Desain Pengendali Banjir Sungai Sario Kota Manado.

Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah | Senin, 07 Oktober 2019 - 14:33:09 WIB | dibaca: 16 pembaca

Manado – Pada Kamis (03/10/2019) Bapelitbangda Kota Manado memfasilitasi pelaksanaan kegiatan konsultasi publik tahap – II untuk pekerjaan Detail Desain Pengendali Banjir Sungai Sario Kota Manado oleh PT. Bhawana Prasasta. Kegiatan konsultasi publik ini dibuka secara langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, dr. Nora Lumentut. Dalam sambutannya Asisten Perekonomian dan Pembangunan menekankan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk komitmen dari pemerintah Kota Manado yang menjadikan penanganan masalah banjir sebagai bagian prioritas yang harus dapat dicarikan solusinya.

Forum tersebut dihadiri PT. Bhawana Prasasta, sebagai pihak konsultan, Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Kepala Bapelitbangda Kota Manado, Pihak Kecamatan dan Kelurahan terkait. Forum ini membahas mengenai Detail Desain secara teknis dan proses relokasi masyarakat.

Dalam presentasinya PT. Bhawana Prasasta sebagai pihak konsultan memaparkan mengenai perkembangan penyusunan Detail Desain Pengendali Banjir Sungai Sario, yang saat ini telah dilaksanakan analisa hidrologi, pemetaan jalur – jalur sungai yang akan dikerjakan, pemaparan informasi kajian sempadan sungai, kajian pelebaran sungai, dan penekanan bahwa perlu adanya relokasi bagi penduduk berdasarkan aturan dari pemerintah Kota Manado mengenai sempadan sungai 15 M batas kiri dan kanan.

Dalam forum ini telah diberikan beberapa saran untuk kelanjutan penyusunan Detail Desain Pengendali Banjir Sungai Sario diantaranya untuk memberikan rekomendasi dan pemberian tanda lokasi yang akan dilebarkan atau ditinggikan, penyediaan truk sampah pada setiap sungai sebagai bentuk saran penanganan sampah di aliran sungai Kota Manado. Seluruh saran yang dihasilkan dari forum ini telah dimasukan dalam form yang disedikan oleh pihak konsultan yang kemudian akan ditindaklanjuti dalam penyusunan Detail Desain Pengendali Banjir Sungai Sario Kota Manado.