Bapelitbangda Gelar Musrenbang RPJMD Perubahan 2016-2021

Administrator | Senin, 02 September 2019 - 12:15:38 WIB | dibaca: 35 pembaca

Manado - Pada Kamis (29/08/2019), Bapelitbang Manado mengelar Musrembang RPJMD Perubahan 2016-2021 yang bertempat di ruang serbaguna kantor walikota Manado. Forum ini dibuka secara langsung oleh Walikota Manado, Dr.G.S.Vicky Lumentut didampingi oleh Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastian, SE dan Sekretaris Daerah (Sekda) Micler Lakat, SH, MH,.

Tujuan dilakukannya musrenbang perubahan RPJMD kota Manado saat ini adalah untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal perubahan RPJMD 2016-2021. Atas hasil kegiatan kajian RPJMD tahun lalu dan verifikasi renstra perangkat daerah beberapa bulan laluditemukan adanya arah kebijakan, strategi, tujuan, sasaran, target, dan indikator perangkat daerah yang sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini baik capaian hasil maupun target yang akan dicapai terlalu optimis tanpa dibarengi adanya perhitungan yang akurat.

 

Disisi lain adanya perubahan kebijakan nasional yang dikeluarkan setelah RPJMD ini disahkan turut mendorong agar RPJMD kota Manado dilakukan perubahan serta adanya perubahan organisasi perangkat daerah seperti Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah menjadi Bapenda, BPKAD menjadi BKAD, Badan Kepegawaian dan Diklat menjadi Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM.

 

Dalam sambutannya pada acara musrenbang RPJMD perubahan, Walikota Manado menyampaikan bahwa dokumen RPJMD ini sebagai dokumen perencanaan yang sangat penting sebagai acuan bagi pemerintah maupun pihak terkait lainnya dalam pelaksanaan pembangunan di kota Manado. Melihat perkembangan saat ini maka ada perubahan-perubahan yang terjadi, untuk itu evaluasi RPJMD di tahun ketiga ini perlu dilakukan penyesuaian. Ditambahkan pada sambutannya kepada semua peserta untuk dapat berpastisipasi secara aktif,  dan turut serta menyampaikan masukan  yang berkaitan dengan kepentingan kota Manado yang dirasa penting untuk dievaluasi.